Gambaran Umum Desa

 

Desa Tirtomartani dipimpin oleh Bapak Danang Kristiawan, ST sebagai Kepala Desa dengan dibantu unsur sekretariat, Pelaksana teknis dan kewilayahan.

Perangkat Desa Tirtomartani pada akhir tahun 2017 terdiri dari, 1  Orang sekretaris desa, 3 Orang Kasi, 3 Orang Kaur dan 17 Dukuh serta 8 staf.

BPD Desa Tirtomartani terdiri dari 9 Orang dengan Ketua Bapak Hery Sugiyanto, SH.

Lembaga Kemasyarakatan yang ada di Desa Tirtomartani :

  1. LPMD dengan Ketua Bapak Muljono
  2. PKK dengan ketua Ibu Ratnawati Marfu’ah
  3. Karangtaruna dengan ketua Saudara Riska Dian Surya
  4. 39 Rukun Warga
  5. 135 Rukun Tetangga

Desa Tirtomartani terletak di Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman yang berbatasan dengan Desa Selomartani di bagian utara, Desa Tamanmartani di bagian timur, Desa Purwomartani di bagian barat dan Desa Kalitirto dan Desa Madurejo di bagian selatan

Menurut data regestrasi kependudukan, pada akhir tahun 2017 penduduk Desa Tirtomartani berjumlah 15.469 jiwa

Pertanian masih memiliki peran besar dalam perkembangan ekonomi masyarakat karena sebagian besar warga desa masih sebagai petani, disusul sektor jasa dan industri rumah tangga. Simpan pinjam sangat berperan dalam pengembangan sektor usaha kecil dan rumah tangga.

Sarana jalan yang dimiliki Desa Tirtomartani cukup memadai, dengan kondisi jalan cukup baik dan tidak ada wilayah yang terisolir.

Perkembangan industri besar, sedang maupun kecil cukup signifikan, sektor jasa turtut berkembang seiring perkembangan sektor industri

Kondisi sosial budaya masyarakat Desa Tirtomartani cukup dinamis, peningkatan drajad kesehatan dan pendidikan serta peningkatan  pendapatan keluarga cukup dirasakan oleh warga masyarakat.

Nilai seni dan budaya juga berkembang mengikuti perkembangan masyarakat dengan tetap melestarikan nilai budaya adi luhung bangsa dan seni  tradisi yang hidup dan berkembang ditengah tengah masyarakat.

Desa Tirtomartani memiliki peninggalan sejarah berupa  3 (tiga) buah candi, grup kesenian jatilan 4 kelompok, kerawitan 2 kelompok, pedalangan 2 kelompok, wayang orang 1 kelompok, Ketoprak 2 kelompok, Prandul 1 kelompok, kroncong 1 kelompok, moco pat  1 kelompok kosidah 2 kelompok dan hadroh 1 kelompok

Sarana perhubungan di Desa Tirtomartani telah baik, jalan dan jembatan telah dapat dilalui dengan baik.

Masih perlu pembangunan jembatn baru untuk mempermudah lalulintas warga yaitu penghubung antara Pelasan-Kalimati dan Klenggukan-Gayamsari. Jembatan Plasan-Kalimati telah dibangun dengan dana BKK, tetapi belum dapat dilewati kendaraan karena masih terkendala urugan yang belum selesai.

Lingkungan pemukiman di Desa Tirtomartani telah tertata baik, kondisi rumah tinggal sebagian besar berupa rumah permanen dengan lingkungan yang sehat. Masih ada sebagian kecil lingkungan yang perlu penataan karena kepadatan bangunan, sehingga perlu diambil langkah untuk penataan sanitasi lingkungan dan pendukungnya.

Sumur resapan air hujan juga dibangun disetiap padukuhan, limbah rumah tangga sebagian sudah dimasukan ke SPAL, tetapi masih ada juga yang langsung dibuang ke saluran irigasi atau saluran drainase.